Bobot Potong dan Persentase Karkas Ayam Broiler yang Diberi Air Minum Mengandung Kombinasi Ekstrak Daun Sambiloto (Andrographis paniculata) dan Daun Sirsak (Announa muricata L)

Penulis

  • Novia Rahayu Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Nurul Frasiska Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/baar.v1i1.167

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian air minum yang ditambahkan kombinasi ekstrak daun sambiloto dan daun sirsak yang mampu menghasilkan bobot potong dan persentase karkas paling baik pada ayam broiler. Percobaan menggunakan metode eksperimen terhadap 100 ayam broiler umur satu hari dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Kombinasi ekstrak daun sambiloto dan daun sirsak yang ditambahkan ke dalam air minum dengan empat perlakuan sebagai berikut: P0 (0% kombinasi ekstrak/L air minum), P1 (1% kombinasi ekstrak/L air minum), P2 (5% kombinasi ekstrak/L air minum), P3 (10% kombinasi ekstrak/L air minum), diulang sebanyak lima kali ulangan dan masing – masing ulangan lima ekor. Peubah yang diamati meliputi bobot potong dan persentase karkas. Analisis statistik menunjukkan bahwa penambahan ekstrak daun sambiloto dan daun sirsak tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot potong dan persentase karkas. Penambahan ekstrak daun sambiloto dan sirsak dimungkinkan dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas daging ayam broiler. Kata kunci: ekstrak daun sambiloto, ekstrak daun sirsak, bobot potong, persentase karkas, ayam broiler

Referensi

Dalimunthe, A. 2009. Interaksi Sambiloto (Andrographis Paniculata). Jurnal Ilmiah. Fakultas Farmasi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Haroen, U. 2003. Respon ayam broiler yang diberi tepung daun sengon (albizzia falcataria) dalam ransum terhadap pertumbuhan dan hasil karkas. J. Ilmiah Ilmu-ilmu Peternakan. 6 (1) : 34-41.

Ismail, Edy, Sri Suhermiyati, Roesdjianto. 2013. Penambahan Tepung Kunyit (Curcuma Domestica Val) Dan Sambiloto (Andrographis Paniculata Nees) Dalam Pakanterhadap Bobot Hati, Pankreas Dan Empedu Broiler. Jurnal Ilmiah Peternakan 1(3): 750-758.

Jola, J.M.R. Londok, Jet S. Mandey. 2014. Potensi Fitokimia Dan Aktivitas Antimikroba Daun Sirsak (Annona Muricata Linn.) Sebagai Kandidat Bahan Pakan Ayam Pedaging. Jurnal LPPM Bidang Sains dan Teknologi. Volume 1 Nomor 1 Oktober 2014.

Natsir, M. Halim. 2008. Pengaruh Penggunaan Kombinasi Asam Sitrat dan Asam Laktat Cair dan Ternkapsulasi Sebagai Asitf Pakan Terhadap Persentase Karkas dan Berat Organ Dalam Ayam Pedaging. Jurnal Nutrisi dan Makanan Ternak. Fakultas Peternakan. Universitas Brawijaya. Malang.

Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian. 2017. Outlook Daging Ayam 2017. ISSN : 1907 – 1507.

Rohmah, N, Elly Tugiyanti, Roesdiyanto. 2016. Pengaruh Tepung Daun Sirsak (Announa muricata L.) dalam Ransum Terhadap Bobot Usus, Pankreas dan Gizzard Itik Tegal Jantan. Agripet .16(2): 140-146.

Sumardjo, D. 2009. Buku Panduan Kuliah Mahasiswa Kedokteran dan Strata. Fakultas Bioeksakta. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-02-01