PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS KANTOR POS CABANG CIAWI TASIKMALAYA)

Authors

  • Lati Sari Dewi STIE Latifah Mubarokiyah
  • Asep Saeful Falah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah

DOI:

https://doi.org/10.36423/jumper.v4i1.966

Abstract

Kantor pos merupakan salah satu perusahaan negara yang bergerak di bidang jasa pengiriman surat dan barang serta jasa lainnya yang cukup besar di Indonesia ini memiliki banyak cabang di berbagai daerah. Salah satunya Kantor Pos Ciawi Cabang Tasikmalaya, sebisa mungkin memberikan kepuasan kepada pelanggannya dengan terus memberikan kualitas pelayanan yang baik.Tujuan penelitian di Kantor Pos Ciawi Cabang adalah untuk mengetahui: 1) Kualitas pelayanan di Kantor Pos Cabang Ciawi 2) Kepuasan Konsumen di Kantor Pos Ciawi 3) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Kantor Pos Ciawi Tasikmalaya.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Kantor Pos Cabang Ciawi, dan sampelnya 96 orang dengan menggunakan rumus Lemeshow dengan teknik non-probabilitas dan dalam penyebaran kuesioner menggunakan teknik insidental. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan adalah regresi sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan di Kantor Pos Cabang Ciawi berada pada klasifikasi baik 2) Kepuasan konsumen di Kantor Pos Cabang Ciawi berada pada klasifikasi cukup 3) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Kantor Pos Ciawi. Kantor Pos Cabang Ciawi.

Downloads

Published

2022-06-16