VERIFIKASI METODE PENETAPAN KADAR LOGAM BERAT KADMIUM DALAM SEDIAAN SABUN KOSMETIKA

Authors

  • srie Rezeki Nur Endah

DOI:

https://doi.org/10.36423/pharmacoscript.v1i2.104

Abstract

Logam berat yang terkandung dalam kosmetik umumnya merupakan zat pengotor (impuritis) pada bahan dasar pembuatan kosmetik. Penetapan logam berat dalam kosmetika dapat dilakukan dengan cara digesti basah atau kering yang diukur dengan Spektrofotometer Serapan Atom Penelitian ini bertujuan untuk memverifikasi metode penetapan kadar kadmium dalam sabun kosmetika menggunakan instrumen Spektrofotometer Serapan Atom. Verifikasi metode penetapan kadar logam berat kadmium dengan destruksi basah meliputi linieritas, batas deteksi, batas kuantisasi, akurasi dan presisi yang dianalisis dengan Spektrofotometri Serapan Atom pada panjang gelombang spesifik yaitu 283,3 nm. Penelitian ini menunjukkan hasil verifikasi metode penetapan kadar kadmium dalam sabun kosmetika memenuhi persyaratan.Kata kunci : sabun kosmetika, kadmium, verifikasi metode, Spektrofotometri Serapan Atom

References

Anonim. 1998. Permenkes RI No.445/Menkes/Per/V/1998 tentang Kosmetik Yang Mengandung Bahan Dan Zat Warna Yang Dilarang. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Anonim. 2009. 20 Maret 2002. Web Kosmetik dan Budaya. Diakses tanggal 17 November 2015 dari http://www.scribd.com/doc/69588122/ Kosmetik dan Budaya.

Anonim. 2011. Per Ka BPOM RI tentang Metode Analisis Kosmetika. Jakarta: BPOM RI.

Anonim. 2011. Per Ka BPOM RI tentang Persyaratan Cemaran Mikroba dan Logam Berat dalam Kosmetika. Jakarta: BPOM RI

Anonim. 2012. Guidance on Heavy Metal Impurities in Cosmetics. Canada : Health Canada

Per Ka BPOM RI tentang Persyaratan Cemaran Mikroba dan Logam Berat dalam Kosmetika. Jakarta: BPOM RI

Chauhan, Amit, Bhadauria, Rekha. 2010. Determination of Lead and Cadmium in cosmetic product. India : J.ChemPharm.Res.

Elmer, P. 1982. Analytical Methods for Atomic Absorption Spectrophotometry. USA: Connecticut.

Harmita, 2004. Petunjuk Pelaksanaan Validasi Metode dan Cara Perhitungannya. Majalah Ilmu Kefarmasian, vol.1.

Palar, H. 2004. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyanto C., dkk. 2010. Validasi Metode Spektrometri Serapan Atom Pada Analisis Logam Berat Cr, Cu, Cd, Fe, Pb, Zn dan Ni Dalam Contoh Uji Air Laut. Yogyakarta : BATAN. Tranggono. 2007. Buku Pegangan Ilmu Pengantar Kosmetik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yatimah, Yeyet Durotul. 2014. Analisa Cemaran Logam Berat Kadmium dan Timbal Pada Beberapa Merk Lipstik yang Beredar di daerah Ciputat dengan Menggunakan Spektrofotometri serapan Atom. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2019-08-26