PEMANFAATAN SEKAM PADI SEBAGAI ADSORBEN PADA AIR LAUT DAN ZAT WARNA

Diki Ian Safitri

Abstract


Telah dilakukan penelitian mengenai Pemanfaatan Abu Sekam Padi Sebagai Adsorben Pada Air Laut dan Zat Warna. Tujuan penelitian adalah untuk memanfaatkan sekam padi sebagai adsorben dan mengetahui kapasitas adsorpsi abu sekam padi. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode eksperimental dengan cara melakukan adsorpsi pada air laut dan zat warna. Hasil dari penelitian didapat bahwa adsorben abu sekam padi kurang berpotensi dalam menurunkan kadar garam pada air laut dengan nilai penurunan dari kadar awal 3,4% menjadi 3,2% hanya terjadi penurunan sebesar 0,2 %. Proses selanjutnya dilakukan optimasi pada zat warna Titan yellow hingga didapat kondisi optimum dengan melakukan adsorpsi pada berbagai kondisi waktu, pH dan suhu adsorpsi dengan nilai kadar awal zat warna 100 ppm menjadi 79,2 ppm dengan persen penurunan sebesar 19,79 %. Pada kondisi optimum masing-masing adsorben yaitu adsorben abu sekam padi aktivasi asam optimum didapat kapasitas adsorpsi sebesar 832,5 μg/g, adsorben abu sekam tanpa aktivasi sebesar 545 μg/g dan arang aktif sebesar 1150 μg/g pada zat warna titan yellow.

Kata kunci : Abu sekam Padi, Arang Aktif, Air Laut, Zat Warna Titan Yellow


Full Text:

39-47

References


Atkins, P.W. 1999. Kimia Fisika Julid II. Jakarta : Erlangga

Bakri. 2008. Kemampuan kimia dan fisik kimia abu sekam padi sebagai scm untuk pembuatan komposit semen. Jurnal Teknologi hal 37-45

Gholib Gandjar, Ibnu. 2010. Kimia Farmasi Analisis.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kurniati, Elly 2008. Pemanfaatan Kulit Cangkang Kelapa Sawit Sebagai Arang Aktif. Jurnal Penelitian Ilmu Teknik. Vol.8 hal 96- 103

PERMENKES RI. Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia.1990. Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air. Mentri Kesehatan Republik Indonesia. No.416/MEN.KES/PER/IX.

Rahayu,P.R. 2010. Potensi Kulit Kacang Tanah Sebagai Adsorben Zat Warna Reaktif.[Skripsi].Program Studi Farmasi. Skolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Tunas Husada Tasikmalaya.

Rivai, Harrizul. 2006. Asas Pemeriksaan kimia. Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Soemirat, Juli. 2003. Toksikologi Lingkungan. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Ummah, Sayidatul et al 2010.Kajian Penambahan Abu Sekam Padi Dari Berbagai Suhu Pengabuan Terhadap Plastisitas Kaolin. Alchemy. Vol.1 No.2 hal 53-103.

Yulia Kasih, Ranti dkk. 2012. Pengaruh Penambahan Abu Sekam Padi Terhadap Kuat Tekanan Mortar Semen PCC dengan Perendaman dalam Asam Sulfat dan Analisis Larutan Rendaman Mortar. Jurnal Kimia Uanand. Vol 1. Hal 28-39.

Zulkipli. 2007. Optimasi Penggunaan Adsorben Pada Proses Pemisahan Karotenoid dari Metil Ester Kasar Minyak Sawit dengan Metode Kromatografi Kolom.[Skripsi] Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.36423/pharmacoscript.v1i2.146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Diki Ian Safitri

Pharmacoscript is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats