ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BUAH SEMANGKA DI GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) TANI MAKMUR DI DESA CABEAN KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK

Authors

  • Ali Mahmud Mustofa Universitas Diponegoro
  • Bambang Mulyatno Universitas Diponegoro
  • nfn Mukson Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i2.274

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang efektif dengan mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal pada pemasaran buah semangka di Gapoktan Tani Makmur Desa Cabean, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Analisis SWOT dan Matriks QSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 7 strategi alternatif yang bisa diterapkan Gapoktan dalam memperbaiki sistem pemasaran buah semangka. Berdasarkan hasil Matriks QSP diperoleh prioritas strategi sebagai berikut: Menjalin kerjasama dengan perusahaan terkait pemasaran dan produksi, pembentukan koperasi dan Bidang Pemasaran Gapoktan, mempertahankan dan meningkatkan produk Gapoktan, melakukan segmentasi produk, melakukan kerjasama dengan pemerintah, membentuk forum diskusi antar Gapoktan dan pemilihan waktu dalam penjualan. Kata kunci: gapoktan, semangka, strategi pemasaran

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Demak. (2018). Demak Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Demak. Demak.

Chatarine, V, A. (2012). Strategi Pengembangan Bisnis Buah Semangka Pada CV Salim Abadi, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Fakultas Ekonomi Dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor. (Skripsi)

David. (2004). Manajemen Strategis: Konsep. Prenhallindo, Jakarta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Kurniawan dan Novi. (2017). Analisis strategi pengembangan usaha minuman sari buah sirsak. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri 6 (2) : 97-102.

Mumpuni, D. (2013). Analisis Strategi SWOT untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Mie Soun Gelang Indah Cilacap. 2 (3) : 175-182.

Nivisiannoor, M. (2009). Pendekatan Statistika Modern untuk Ilmu Sosial.

Penerbit Salemba Humanika, Jakarta.

Pertiwi, M, I, Edy, Y dan Sunarti. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Baker’s King Donuts dan Coffee Di Mx Mall Malang). J Administrasi Bisnis 37(1) : 179-186.

Rangkuti,F. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia. Jakarta.

Rangkuti, F. (2005). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Cetakan Kedua Belas.Gramedia. Jakarta.

Rochmani. (2006). Kajian Strategi Pemasaran Buah-Buahan (Studi Kasus pada CV Tropis, Bekasi). Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah (Skripsi).

Setyorini, H, Mas’ud, F dan Imam, S. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). J.Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 5(1) :46 -53.

Wijayanto T, Yani WR, Arsana MW. (2012). Respon Hasil dan Jumlah Biji Buah Semangka (Citrullus vulgaris) dengan Aplikasi Hormon Giberelin (GA3). J Agroteknos. 2 (1): 57–62.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. J Ilmiah Kependidikan. 7 (1) : 17-23

Downloads

Published

2019-11-16

How to Cite

Mustofa, A. M., Mulyatno, B., & Mukson, nfn. (2019). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BUAH SEMANGKA DI GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) TANI MAKMUR DI DESA CABEAN KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK. Jurnal Hexagro, 3(2). https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i2.274

Issue

Section

Articles