HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN DENGAN KEBERHASILAN PESERTA PELATIHAN TEKNIS BAGI PENYULUH PERTANIAN

Authors

  • Yunita Tri Suci Balai Pelatihan Pertanian Jambi
  • Ahmad Syariful Jamil Balai Pelatihan Pertanian Jambi

DOI:

https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i2.279

Abstract

Kepuasan peserta merupakan salah satu faktor yang harus diwujudkan oleh suatu lembaga pelatihan khususnya dalam rangka untuk menjaga keberlanjutannya. Penyelenggara pelatihan memiliki urgensi untuk dapat melakukan evaluasi secara terus menerus terhadap pelatihan yang telah diadakan, sebagai bentuk upaya untuk memperbaiki layanannya. Oleh karena itu, tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis hubungan tingkat kepuasan pelayanan dengan keberhasilan teknis bagi penyuluh pertanian di Balai Pelatihan Pertanian Jambi. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data cross section, dimana responden dalam studi ini adalah penyuluh pertanian yang mengikuti pelatihan teknis di Balai Pelatihan Pertanian Jambi dari bulan Januari hingga Juni 2019. Statistika deskriptif, dependent t test dan uji korelasi Spearman digunakan untuk menjawab tujuan studi ini. Tingkat kepuasan peserta terhadap pelatihan teknis bagi penyuluh pertanian didapatkan hasil baik dengan rata-rata persentase sebesar 81.34%. Hasil dependent t test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test pada taraf nyata 5%. Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan pada peserta pelatihan setelah mengikuti pelatihan tersebut. Selain itu, hasil korelasi spearman menunjukkan bahwa hanya hubungan positif antara tingkat kepuasan materi dengan keberhasilan signifikan secara statistik pada taraf nyata 10%.  Hasil tersebut mengindikasikan bahwa materi yang dikemas dalam pelatihan harus lebih disesuaikan lagi terhadap kebutuhan dari peserta pelatihan. Dengan kata lain, penyelenggara pelatihan perlu melakukan identifikasi kebutuhan pelatihan secara sistematis dengan mengedepankan kebutuhan khsusnya bagi peserta pelatihan. Dengan tingginya tingkat kepuasan peserta pelatihan terhadap materi pelatihan diharapkan dapat meningkatkan motivasi peserta pelatihan untuk meningkatkan keberhasilannya.  Kata Kunci: evaluasi, keberhasilan, kepuasan, pelatihan

References

Anggraini, R. (2003). Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Pelatihan Diklatpim Tingkat III dengan Pendekatan Kirkpatrick pada Departemen Perindustrian dan Perdagangan Jakarta. Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Amaluis, D. 2014. Analisis Efektivitas Program Pelatihan Diklat PIM III terhadap Kompetensi Pejabat Eselon III di Pemerintah Kabupaten Agam. Journal of Economic and Economic Education, 3(1):18-26.

Budiman, Suhat, Herlina N. 2010. Hubungan Status Demografi dengan Kepuasan Masyarakat Tentang Pelayanan JAMKESMAS di Wilayah Puskesmas Tanjungsari Kabupaten Bogor Tahun 2010. Jurnal Kesehatan Kartika. 1-17. //www.stikesayani.ac.id/publikasi/e-journal/filesx/2010/201004/201004-006.pdf. Diunduh tanggal 27 September 2019.

Badu, Syamsu, 2013. Implementasi Evaluasi Model Kirkpatrick Pada Perkuliahan Masalah Nilai Awal Dan Syarat Batas. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Edisi Dies Natalis ke 48 UNY.

Gita, I Gusti Ayu Agung Aspirila Rona, dan Sariyathi, Ini Ketut. 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja, Self-Efficacy, dan Karakteristik Peserta Pelatihan Terhadap Transfer Pelatihan pada Karyawan Pt. Indonesia Power. E-jurnal Manajemen Unud, Vol 5:7. 4602-4629. ISSN : 2302-8912

Hanugrah, B.B. (2015). Pengaruh Kurikulum Perubahan, Kompetensi Widyaiswara, Sarana Prasarana Terhadap Kepuasan Dan Komitmen Peserta Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Pola Baru Di Badan Pendidikan Dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur. http://bandiklat.jatimprov.go.id/assets/images /1454047673_Karya%20Tulis%20A.n%20Bambang%20Basuki.pdf>. Diunduh tanggal 8 Agustus 201.

Hariyatie, Nira. 2005. Analisis Pengaruh Input Pelatihan Terhadap Pembelajaran Dan Generalisasi : Studi Kasus Pelatihan Manajemen Keuangan Pengusaha Kecil. INASEA, Vol. 6:1. pp : 11-26.

Kirkpatrick, D.L. 2006. Evaluating Training Program The Four Level. 3rd ed. San Fransisco: Berret-Koeh;er Publisher Inc.

Mardiyanto, T.C dan T.R. Prastuti. 2016. Efektivitas Pelatihan Teknologi Budidaya Bawang Putih Varietas Lokal Ramah Lingkungan dengan Metode Ceramah di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Agraris 2 (1) : 61 – 68.

Masruroh L, S Achmad, dan K Muhammad. 2017. Pengaruh Keefektifan Pembelajaran Pelatihan dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Balai Diklat Keagamaan Semarang. Journal Unnes, 6 (2) 109 – 114.

Ngai, Eric W. T, Vincent C.S. Heung Y.H. Wong and Fanny K.Y. 2006. Costumer Complaint Behavior of Asians and Non-Asians about Hotel Services. European Journal of Marketing, Vol. 41; 11(12). 221-238.

Nuraini. 2018. Tingkat Kepuasan Peserta Terhadap Kualitas Pelayanan Widyaiswara Pada Diklat Teknis Substantif Publikasi Ilmiah Bagi Guru Mata Pelajaran Agama Mts Angkatan III. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, IV (2) 168-186.

Phau, I and Baird, M. 2008. Complainers Versus Non-Complainers Retaliatory Responses towards Service Dissatisfaction. Marketing Intelligence and Palnning. Vol 26: 6. 587-604.

Putri, I.W, Fatchiya, A, Amanah, S. 2016. Pengaruh Pelatihan non Teknis terhadap kinerja Penyuluh Pertanian BP4K di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Jurnal Penyuluhan. Vol 12 (1) 43-50.

Rasyid, K.M, Jusoff and Kamaruzaman. 2010. The Determinants of Training Effectiveness in Malaysian Organizations. Interdisciplinary Business, Vol 2(2)

Rukmi, HS, Novirani, D. Sahrul A. 2018. Evaluasi Training dengan menggunakan Model Kirkpatrick (Studi Kasus Training Foreman Development Program di PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon). 5th Industrial Engineering conference.131-138.

Santi, H. Huda N. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Nilai Terhadap Kepuasan Peserta didik pada Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LPK) di Banjarmasin. Jurnal wawasan Manajemen 3 (2), 183-199.

Siregar, VO. 2017. Hubungan Kepuasan Peserta Pelatihan dengan Tingkat Pembelajaran Peserta Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 5 (1) 63-71.

Widoyoko, E.P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2019-11-16

How to Cite

Suci, Y. T., & Jamil, A. S. (2019). HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN DENGAN KEBERHASILAN PESERTA PELATIHAN TEKNIS BAGI PENYULUH PERTANIAN. Jurnal Hexagro, 3(2). https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i2.279

Issue

Section

Articles