Pengembangan IP Failover & Replikasi Database Menggunakan Heartbeat Pada Komputer Server

Authors

  • Rangga Agung Nugraha Bahri Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Ruuhwan Ruuhwan Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Rudi Hartono Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/index.v5i2.1354

Keywords:

Failover Heartbeat, Replikasi Database

Abstract

Pada saat ini manfaat jaringan komputer sudah sangat banyak dirasakan manfaatnya, apalagi dalam dunia komunikasi yang serba cepat ini, jaringan komputer berperan begitu sangat vital dalam kegiatan pedistribusian informasi yang cepat. Semua komponen yang tergabung dalam koneksi jaringan komputer tersebut harus mampu saling mendukung untuk menghasilkan sistem yang kokoh dan handal untuk bisa melayani setiap permintaan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Hal ini menjadi sebuah perhatian di bidang jaringan komputer untuk menjalankan dan menggabungkan teknik failover dalam server real atau virtual sebagai media pendistribusi informasi. SMK Periwatas Kota Tasikmalaya merupakan jenjang sekolah kejuruan yang terletak di Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya. Saat ini SMK Periwatas masih menggunakan satu server utama yang dimana permasalahan saat ini adalah apabila server utama mati tidak ada server lain yang membackup, maka dari itu penulis akan membuat dua buah server yang dimana server pertama akan menjadi server utama dan server kedua akan dijadikan server cadangan atau backup yang saling tersinkronisasi dan dapat melakukan failover.  

References

W. A. Yuliono, Sinergi Replikasi Server dan Sistem Failover pada Database Server untuk Mereduksi Downtime Disaster Recovery Planing (DRP), Vol. 03, No. 5, 2021.

A. I. Harsapranata, Implementasi Failover Menggunakan Jaringan Vpn Dan Metronet Pada Astridogroup Indonesia, Vol. 08, No. 2, 2015.

T. Dwi Prayogo, Sistem Monitoring Jaringan Pada Server Linux Dengan Menggunakan Sms Gateway, Vol. 02, No. 3, 2010.

A. Rahmatulloh and F. MSN, "Implementasi Load Balancing Web Server menggunakan Haproxy dan Sinkronisasi File pada Sistem Informasi Akademik Universitas Siliwangi," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, Vol. 3, No. 2, pp. 241-248, 2017.

A. Heryanto, Backup Database Dengan Multi Master Replikasi Pada Kluster Server, Vol. 06, No. 1, 2020.

M. S. Sungkar, Konfigurasi Jaringan Local Area Network( Lan ) Dan Gateway Internet Menggunakan Router Cisco 2600 Series Di Arg Media Data Brebes, Vol. 08, No. 2, 2019.

Y. Efendi, implementasi cluster server berbasis linux sebagai learning management system (lms) di smk muhammadiyah 2 pekanbaru, vol. 02, no. 2, 2019.

H. Maulana, analisis dan perancangan sistem replikasi database mysql dengan menggunakan vmware pada sistem operasi open source, vol. 01, no. 1, 2016.

G. Kustriono, Pendayagunaan Komputer Lama/Bekas di Sekolah Sekolah dengan Mengimplementasi Linux Terminal Server Project, Vol. 04, No. 2, 2012.

M. Hidayat darmawan, fakultas teknik universitas halu oleo, vol. 04, no. 2, 2018.

Downloads

Published

2024-03-06