Pemodelan Data Menggunakan Algoritma Decision Tree untuk Visualisasi Data Hubungan Nilai Siswa dengan Makan Siang, Partisipasi Kursus Persiapan Tes, dan Tingkat Pendidikan

Authors

  • Rangga Gelar Guntara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Rizki Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36423/index.v5i2.1590

Abstract

Pendidikan memegang peranan vital dalam perkembangan baik individu maupun komunitas. Prestasi belajar siswa dianggap sebagai tolak ukur kunci untuk menilai keberhasilan dari suatu sistem pendidikan. Terdapat beragam faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, termasuk kondisi sosioekonomi mereka serta keikutsertaan dalam berbagai program pendukung, misalnya kelas persiapan ujian. Studi ini dirancang untuk mengeksplorasi dampak dari faktor-faktor tersebut terhadap prestasi akademik siswa. Metodologi yang digunakan melibatkan penggalian data dari sumber-sumber beragam, analisis statistik, dan evaluasi data. Sedangkan untuk pemodelan menggunakan algoritma decision tree. Informasi yang diperoleh kemudian diolah menjadi presentasi visual seperti grafik, tabel, dan diagram untuk memudahkan dalam pemahaman dan penyampaian temuan.Skor rata-rata untuk siswa yang mendapatkan makan siang standar adalah 212.51, sementara untuk mereka yang mendapatkan makan siang gratis atau dengan subsidi adalah 186.60. Skor rata-rata untuk siswa yang mengikuti kelas persiapan ujian berada di angka 218.01, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengikutinya, yang skornya adalah 195.12. Terdapat juga korelasi antara tingkat pendidikan orang tua dengan skor siswa, dimana anak-anak dari orang tua dengan pendidikan lebih tinggi cenderung mendapatkan skor yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang orang tuanya memiliki latar belakang pendidikan yang lebih rendah, meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan.

References

Adnan, A., Zohriah, A., & Muín, A. (2024). Evaluasi Kinerja Tenaga Pendidik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1463-1468.

Zulkifli, E. (2022). Pengaruh Optimalisasi Pembelajaran Online, Partisipasi Mahasiswa Dan Gaya Mengajar Dosen Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid-19 (Studi Pada Kampus STIE Indonesia Jakarta).

Manurung, S. M., Purba, I. P., Sitinjak, L. T. S., Aryani, N., Herman, H., Sinaga, Y. K., ... & Batubara, J. (2023). Sosialisasi Pengenalan TOEFL Sebagai Persiapan Studi Lanjut Pada Siswa-Siswi SMAN 4 Pematang Siantar. IKHLAS: Jurnal Pengabdian Dosen

Gs, A. D., Sormin, R. K., Siregar, Z. A., Winanjaya, R., & Wanto, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Pin Press Digital Bagi Siswa untuk Meningkatkan Keterampilan dan Menumbuhkan Semangat Wirausaha. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 142-152.

Akbar, M., & Rahmanto, Y. (2020). Desain data warehouse penjualan menggunakan Nine Step Methodology untuk business intelegency pada PT Bangun Mitra Makmur. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 137-146.

Kusuma, M. D. H., & Hidayat, S. (2024). Penerapan Model Regresi Linier dalam Prediksi Harga Mobil Bekas di India dan Visualisasi dengan Menggunakan Power BI. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 5(2), 1097-1110.

Rifai, A. I. (2021). Manajemen Perkerasan: Implementasi Data Mining & Artificial Intelligence.

Guntara, R. G. (2023). Pelatihan Sains Data Bagi Pelaku UMKM di Kota Tasikmalaya Menggunakan Google Colab. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 245-251.

Nguyen, D. C., Cheng, P., Ding, M., Lopez-Perez, D., Pathirana, P. N., Li, J., ... & Poor, H. V. (2020). Enabling AI in future wireless networks: A data life cycle perspective. IEEE Communications Surveys & Tutorials, 23(1), 553-595.

Amanda Hasna, C. (2024). Penilaian Kemampuan Pembayaran Kredit Dengan Menggunakan Machine Learning Logistic Regression Dan Random Forest Classifier Pada Home Credit.

Guntara, R. G. (2023). Visualisasi Data Laporan Penjualan Toko Online Melalui Pendekatan Data Science Menggunakan Google Colab. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 2091-2100.

Ratnasari, R., Wahidin, A. J., Setiawan, A. E., & Bintoro, P. (2024). mechine Mechine Learning Untuk Klasifikasi Penyakit Jantung. Aisyah Journal Of Informatics and Electrical Engineering (AJIEE), 6(1), 145-150.

Putri, A. K., & Nur, D. I. (2023). Penggunaan Bahasa Python Untuk Analisis Dan Visualisasi Data Penduduk Di Desa Sumberjo, Nganjuk. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 206-217

Downloads

Published

2024-03-06